Sebuah Catatan Perjalanan Hidup

EXSPEDISI GUNUNG SEMERU RANU KUMBOLO LUMAJANG OLEH KESISWAAN SMPN 1 BANGIL KAB PASURUAN JAWA TIMUR INDONESIA

Bismilah hirrohman nirrohim kami rombongan Kesiswaan SMPN 1 Bangil mengadakan pendakian ke Gunung Semeru pada hari Jum"at tanggal 6 JANUARI 2012 .Setelah pulang dari perjalanan outdoor extivity klas 9 dari JAKARTA seijin kepala sekolah kami melakukan pendakian dengan jumlah peserta 10 orang .persiapan demi persiapan secara teliti di persiapakan berhari-hari.tiba saat pemberangkatan salah satu dari teman kita tidak dapat ikut dalam rombongan pendaki an dikarenakan keracunan makanan.
jam 08.00 team kami berangkat dengan semangat  dan do'a menggunakan kendaraan komite menuju lumajang sekalian saya sebagai pengemudi ,dengan arahan dan petunjuk kepala sekolah perjalanan menjadi lancar tanpa hambatan,di karenakan ada dukungan keluarga bapak kepala sekolah yang berdinas di LUMAJANG  bapak HENDRO namanya.
jam.12.00 :rombongan sampai di lumajang ketepatan sekali kakak saya juga tinggal di lumajang ,kami mampir sejenak untuk persiapan pendakiaan dan istirahat untuk melaksanakan sholatbjum'at.setelah selesai sholat jum'at kami berangkat menuju senduro disana adik bapak Kepala sekolah sudah menunggu bpk  HENDRO namanya
Jam jam 14.00 : rombongan berangkat situasi mencekam karena cuaca tidak bersahabat terdengar berita radio lumajang bahwa terjadi banjir lahar dingin di senduro tetapi kami tetap melakukan perjalanan. saat itu kami masih tidak tahu siapa adik bapak kepala sekolah tersebut.kami hanya di beri no telp dan kontek melalui telp.
jam 15.30: kami rombongan sampai di senduro lumajang di depan PURE senduro sudah di tunggu pak HENDRO.Hampir 2 jam kami berbicang bincang di rumah makan untuk mengatur strtegi pendakian cuaca hujan deras .keputusannya kita akan naik hartop ke kaki gunung dengan menyewa mobil tersebut kita bisa melanjutkan pendakian ke Ranu KUMBOLO .
Jam 17.00 :: kita tunggu 2 tidak ada kepastian malam itu untuk ke puncak di karenakan jalan licin dan berbatu pengemudi tidak berani mengantar dan harga 2 kali lipat sebelumnya.Dengan di pandu pak Hendro kami gagal ke [puncak kembali turun dan menginapdi rumah pak Hendro dengan rendah hati keluarga p Hendro menerima rombongan.Kegagalan pendakian akan kita lakukan ke esok harinya.
Jam 06.00 kami rombongan makan pagi di rumah pak Hendro ,kira 2 jam 07.00 setelah ada pertimbangn yang lain kami memutar tujuan yaitu kepantai selatan tetapi kita mampir dahulu di hutan pinus dipandu p Hendro.Saat rombongan ada di hutan pinus P Hendro dapat telp bahwa pendkian bisa dilakukan dengan mengendarai mobil hartop ,sewa mobil 450 rb.KKami team transpoter berembuk dan hasilnya oke >Rombongan jadi mendaki sesuai tujuan utama .
Tanggal 7 januari 2012 sabtu kami rombongan berangkat ..kurang lebih 3 jam perjalan menuju Ranu Pane POS 1 di lereng gunung Semeru dengan hati gembira dan senang kita akan menaklukan Gunung SEMERU. hati berdear;debar.Saya sebagai ketua rombongan usia aku sudah tidak muda lagi seperti mereka 2 kira usia aku 49 th.tetapi semangat ku masih semangat 25 th tidak akan kalah dengan mereka2.
Jam 10.00 kami rombongan pecinta alam KESISWAAN SMPN 1 Bangil tiba di lokasi .cuaca sudah berbeda temperatur kira2 sdh mencapai 17 derajat.dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut.
Jam10.30 dengan do'a pendakian di mulai .kurang lebih 6  jam perjalan kami ke Ranu KUMBOLO denang semangat muda kami ikuti alur pendakian POS 1 kami lewati POS 2 kami lewati POS 3 sangat lah menantang jalan setapak hanya dapat di lalui satu orang saja pohon2 tumbang belum ada yang menjamah tidak ada kami lihat bekas pendakian oleh pendaki2 lainnya masih mulus dan perawan.
Jam 15.30.Kami istirahat di Pos 3 untuk masak dan melepas dahaga dan lapar energi sudah terkuras habis karena arah tebing sudah menginjak sudut 60 derajat terjal dan menantang tetapi sangat menyenangkan dan tak akan terlupakan selama2nya.
jam 15.15 Kita melanjutkan perjalanan suasana masih terang menderang walau hari sudah larut .kira2 perjalanan 1 jam kami sebagai ketua rombongan Menemukan lokasi Ranu kumbolo yang sangat indah sekali dan tidak bisa digambarkan dengan kata2 lebesar ALLAH yang maha esa.Saya Sebagai ketua rombongan yang berjalan terdepan memberi motivasi kepada teman 2 yg sudah mengalami keputusasaan karena sudah 6 jam perjalanan belum juga  sampai. Dengan teriakan AALLAH HU AKBAR:::::::::::: ALLAH HU AKBAR Ranu KUMBOLO sudah kita  taklukan.Hutan rimba yang banyak binatang buasnya sudah kami raih dengan selamat.dengan senang hati teman2 kami turun ke Ranu KUMBOLO yang sangat indah dan dingin sekali terjal sekali ke lokasi Ranu KUMBOLO.untuk mengabadikan  lokasi melalui camera.Tidak lama kami di Ranu KUMBOLO karena sewa hartop mobilnya hanya 1 Hari.
Jam 17.00 kami rombongan pulang cuaca cerah tetapi kami puas walau kami tidak dapat berkemah diranu KUMBOLO .kami turun dengan hati yang sedih meninggalkannya tidak ada harapan yang bisa kami berikan kepada Mu ranu kumbolo hanya ucapan kamu adalah surga dunia yang pernah saya lihat ,selamat tinggal dan sampai jumpa kembali di lain waktu'.
Jam 18.00 kami sudah sampai d POS 4 masih ada 3 pos lagi yang harus di lalui semua jalan setapak.
Jam:19.30 kami sampai di POS 3 setelah perjalanan pulang turun lokasi pendakian cahaya matahari sudah mulaiterbenamkami istirahat mempersiapkan alat penerang lampu senter kepala..kami semua berdo'a agar perjalanan pulang tidak ada hambatan banyak barang 2 halus dari dunia gaib menyertai perjalanan kami. hujan mulai turun exsotermia mulai menghatui kami.dingin sekali air hujan bagai air es yang mencair. tetapi kami harus kompak dan semangat dengan komando satu kami lakukan penurunan gelap gulita hujan deras sekali
Jam 21.00 : kami rombongan sampai di pos 2 kira2 satu setengah jam perjalanan rintangan2 sangatlah sulit walaupun posisi kami menurun ,karena beban lebih berat semua pakaian kami penuh dengan air hujan.Alhamdulilah tidak ada yang mengganggu di jalan walaupu hutan rimba kami lancar perjalanan pulang.
Jam 22.00 kami tiba di pos 1 tetapi semangat telah tumbuh kembali lokasi tempat peristirahatan sopir sudah dekat danjalan setapak sudah berpaving.dengan cuaca yang sangat exstrem akhirnya kami sampai ke lokasi terakhi pendakian Di RANU PANE tepatnya Jam 23.30 kami bergegas pulang kebawah karena sdh tidak tahan lagi kaki ini kaku semua perlu penghangat .Dengan gagah berani sopir tancap gas ke senduro di capai hanya satu setengah jam .
jam 01.00 hari Minggu tgl 8 januari 2012 .kami sampai lansung bergegas2 untuk berganti pakaian  di SENDURO sdh ditunggu pak HENDRO.setelah minum air penghanangat tubuh kami pulang ke lumajang mengantar pulang dulu pak Hendro >Walaupun capek saya tetap mengemudikan mobil agar sampai ke lumajang ternyata lumajang tidak hujan.Semua teman2 tertidur lelap akhirnya sampai juga di lumajang 02.30 dini hari semua tidak kuat lagi dan tidur di mobil s,aya tidur di dalam rumah kakak saya.

























































Jam 07.00 kami semua bangun mempersiapkan diri sarapan pagi dan pulang meluncur ke bagil .karena besok paginya 9 januari diawali masuk semester genap.<<<<<<<<<<<<<<< SEKIAN DULU TULISAN INI  TERIMA KASIH BAGI PEMBACA>>>>>>>>>>>>>>

6 Responses so far.

  1. SAYA SECARA PRIBADI MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH KEPADA TEMAN2 ATAS TEAM WORK NYA YANG SOLIT JAGA KESHATAN KARENA MASIH BANYAK TEMPAT2 YANG LEBIH MENANTANG UNTUK KITA KUNJUNGI SELAMAT BEKERJA SALAM UNTUK ALAM????????????

  2. WAH .......... MASIH SUKA NAIK KE GUNUNG NICH..........SELAMAT

  3. terima kasih telah mengunjungi blog saya ,memang masih sering mendaki gunung

  4. salam lestari bang
    ane juga dari bangil

  5. BUKAN ANEH BUNG INILAH BENTUK KARAKTER GURU2 MUDA SMPN 1 BANGIL YG DIPROMOTORI OLEH GURU OLAH RAGA YANG SUDAH SETENGAH ABAD TETAPI MASIH TINGGI SEMANGATNYA DALAM PERLINDUNGAN DAN PELESTARIAN ALAM............TERIMA KASIH KAWAN............SALAM LESTARI ALAM KU

  6. BUKAN ANEH BUNG INILAH BENTUK KARAKTER GURU2 MUDA SMPN 1 BANGIL YG DIPROMOTORI OLEH GURU OLAH RAGA YANG SUDAH SETENGAH ABAD TETAPI MASIH TINGGI SEMANGATNYA DALAM PERLINDUNGAN DAN PELESTARIAN ALAM............TERIMA KASIH KAWAN............SALAM LESTARI ALAM KU

Leave a Reply